Mengenal Istilah Terkait Semitrailer – Komponen Rem

Hallo, Pelanggan MM Karoseri,

Selamat datang di edisi spesial minggu ini. Masih membahas istilah terkait dengan karoseri Semitrailer, MM Karoseri saat ini hadir lagi di layar gadget dan komputer Anda. MM Karoseri Surabaya akan mulai membahas tentang istilah dalam pengereman. Pada Chassis Semitrailer hasil produksi MM Karoseri Surabaya, pengeremannya menggunakan sistem rem angin dengan dua saluran. Saluran pengereman ini diperhatikan khusus dan dibuat dengan bahan yang tahan lama dan dapat diandalkan. Berikut adalah istilah, atau lebih tepatnya komponen yang akan dibahas pada bagian ini :

  1. Chamber
    Chamber adalah salah satu komponen penting dalam

    Brake Chamber T-30 MM Karoseri Surabaya
    Courtesy of Google

    pengereman dengan tekanan angin. Chamber memiliki fungsi menarik tuas rem pada Axle untuk melakukan pengereman. Penarikan ini dilakukan dengan tenaga dari tekanan angin yang berasal dari tangki angin.

  2. Palm Coupling
    Palm Coupling memiliki fungsi untuk menyalurkan angin untuk

    Palm Coupling MM Karoseri Surabaya
    Courtesy of Google

    pengereman dari Head Tractor ke tangki angin pada Chassis Semitrailer. Palm Coupling pada Chassis Semitrailer berjumlah dua buah dengan warna merah dan kuning atau biru. Sesuai ketentuan internasional, warna merah untuk menyalurkan angin masuk, yang lain untuk mengontrol pengereman. Palm Coupling ini biasanya disebut juga sebagai Salaman, mungkin karena pemasangannya seperti dua tangan bersalaman.

  3. Relay Emergency Valve
    Relay Emergency Valve adalah komponen yang bertugas untuk

    R.E Valve MM Karoseri Surabaya
    Courtesy of Google

    membagikan tekanan angin terutama kepada Chamber dalam proses pengereman. Komponen ini biasanya disebut sebagai RE, atau kura – kura karena bentuknya seperti cangkang kura – kura. Gangguan pada komponen ini dapat mengakibatkan pengereman tidak berjalan dengan semestinya, misalnya rem mengunci atau terlambat bekerja.

  4. Brake Shoe
    Brake Shoe atau Sepatu Kampas sebenarnya merupakan

    Brake Shoe MM Karoseri Surabaya
    Courtesy of Google

    komponen yang terdapat pada Gardan dan Axle. Fungsi dari komponen ini adalah menekankan kampas rem ke Brake Drum agar timbul gaya gesek untuk menghentikan rotasi roda. Tekanan yang dilakukan oleh Brake Shoe dihasilkan dari tuas rem yang didorong oleh Chamber dengan tenaga tekanan angin.

Terima kasih atas dukungan Anda pada MM Karoseri Surabaya dan rubrik MM Karoserinfo sehingga Like Facebook MM Karoseri Truck and Trailer dan Klik di mmkaroseri.com dapat mencapai angka yang sangat tinggi. Edisi khusus yang membahas 4 part ini ditujukan bagi Anda yang senantiasa setia dengan informasi yang MM Karoseri Surabaya berikan. Nantikanlah post selanjutnya dari kami minggu depan. Jangan lupa, jika Anda ingin memperbaiki dan membeli Karoseri Truk, MM Karoseri siap melayani Anda. Sukses selalu !

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *