Mengenal Istilah terkait Semitrailer – Bagian Rangka

Hallo Pelanggan MM Karoseri Surabaya,

Lama tidak berjumpa, kali ini MM Karoseri Surabaya akan memberikan sejumlah informasi. Informasi yang akan diberikan kali ini adalah tentang bagian dari sebuah Chassis Semitrailer dan sejenisnya. Dengan memiliki pemahaman yang sama terkait dengan bagian – bagian ini, komunikasi Anda dalam membahas tentang Chassis Semitrailer dapat berjalan dengan lebih lancar. Berikut adalah istilah bagian Chassis Semitrailer menurut MM Karoseri Surabaya.

1. Sasis
Sasis adalah bagian utama dari sebuah Chassis Semitrailer. Sasis berfungsi sebagai penyokong beban utama dan bagian yang menjadi tempat terpasangnya bagian – bagian lain. Sasis pada truk biasanya memiliki warna hitam dan berbentuk seperti huruf C yang mulutnya saling berhadapan. Sedangkan pada Chassis Semitrailer produksi MM Karoseri Surabaya, Sasis terbuat dari besi Wide Flange yang bentuknya seperti huruf H yang mulutnya saling berhadapan. Semakin besar dan tebal ukuran sasis, maka kemampuan untuk menahan beban akan semakin besar.

2. Side Member
Bagian ini hanya terdapat pada Chassis Semitrailer yang memiliki lantai platform atau Flatbed. Side Member menunjukkan bagian samping dari Chassis Semitrailer atau Bak. Bagian ini terletak di bagian kiri dan kanan dan bisa berupa besi Wide Flange atau Kanal U yang memiliki keunggulan yang berbeda terhadap satu sama lainnya. Bagian ini biasa disebut sebagai sabuk oleh pelanggan MM Karoseri Surabaya.

3. Cross Member
Sasis yang terdiri dari dua batang besi panjang membutuhkan bagian penghubung antara satu dan yang lainnya dan bagian itu disebut dengan Cross Member. Selain menghubungkan antar kedua besi sasis, bagian yang menghubungkan side member dengan sasis juga disebut dengan Cross Member. Cross Member biasa disebut oleh pelanggan MM Karoseri Surabaya dengan istilah palang dan balak.

4. Bumper
Bagian ini umumnya juga terdapat pada mobil, namun wujudnya sangat berbeda. Bumper pada Chassis Semitrailer memiliki bentuk yang berbeda – beda, tetapi produk MM Karoseri Surabaya menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dan memiliki kekuatan untuk meredam benturan pada Bumper. Bumper pada chassis semitrailer terletak pada bagian belakang karena seringkali mengalami benturan dengan forklift saat proses bongkar dan muat barang.

5. Platform Deck / Lantai
Bagian ini hanya terdapat pada chassis semitrailer bak atau flatbed dan biasanya terbuat dari plat baja dengan kualitas tinggi. Dengan adanya bagian ini, barang dapat diletakkan di atasĀ  chassis semitrailer tanpa memerlukan kontainer lagi, namun saat membutuhkan chassis semitrailer untuk membawa kontainer, Platform Deck juga tidak memberikan gangguan, bahkan memberikan keamanan lebih bagi barang yang dibawa. Namun, pelanggan MM Karoseri Surabaya harus berhati – hati karena cukup sulit mengetahui kualitas besi baja yang digunakan untuk bagian ini dan harus dipastikan bahwa besi baja yang digunakan pada bagian ini adalah yang terbaik sesuai dengan kebutuhannya. Kualitas besi baja yang buruk pada bagian ini akan mengakibatkan ketahanannya berkurang dan platform deck menjadi bergelombang atau bahkan berlubang.

Sekian bahasan informasi dari MM Karoseri Surabaya mengenai beberapa bagian dari kerangka Chassis Semitrailer dan Truk.

Terima kasih atas waktu yang Anda gunakan untuk membaca informasi ini. Semoga bermanfaat bagi Anda. Nantikan informasi MM Karoseri Surabaya berikutnya !

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *