Mengenal Istilah terkait Suspensi Semitrailer – bagian 2

Hallo, Pelanggan MM Karoseri Surabaya.

Apabila Anda penasaran akan kelanjutan informasi tentang suspensi, rasa penasaran Anda akan berkurang dengan membaca artikel informasi ini :) Pada artikel yang lalu, MM Karoseri Surabaya membahas tentang sebagian suspensi yang ada pada chassis semitrailer. Jika Anda tidak sempat membaca post tersebut di waktu yang lalu, klik tautan berikut ini.

Nah, mari simak paparan MM Karoseri Surabaya di bawah ini, yang kebetulan juga terdapat pada truk jenis lain, bukan hanya chassis semitrailer. Bagian yang akan MM Karoseri Surabaya bahas adalah sebagai berikut :

Suspensi Import MM Karoseri Surabaya
Courtesy of Google Contoh Perlengkapan Suspensi saat Terpasang

Leaf Spring
Bagian ini adalah bagian yang memiliki fungsi utama untuk meredam

Leaf Spring Semitrailer MM Karoseri Surabaya
Courtesy of Google.com

getaran dan beturan dengan kelenturannya. Leaf Spring atau bisa juga disebut Per terbuat dari baja dengan komposisi tertentu yang mampu untuk menjadi lentur sehingga getaran yang terjadi dapat diredam. Per untuk Chassis Semitrailer biasanya memiliki lebar 80 atau 90 milimeter dengan ketebalan dan panjang yang beragam. Lembaran per ini nanti akan disusun menjadi 1 set dan dapat berfungsi dengan optimal.


Stabilizer
Sesuai dengan namanya, bagian ini bertugas untuk memberikan kestabilan pada sistem suspensi. Stabilizer memiliki bentuk seperti tongkat yang menjaga agar roda tidak bergeser maju dan mundur sehingga posisi roda selalu tetap.

Fixed Stabilizer Rod Chassis Semitrailer MM Karoseri Surabaya
Courtesy of Alibaba.com

Fungsi stabilizer tidak dapat disamakan dengan shock breaker yang meredam getaran dengan sistem hidrolik sederhana. Salah satu bagian kunci dari stabilizer ada bosch stabilizer yang biasanya terbagi menjadi 3 jenis. Jenis pertama adalah bosch dari besi baja yang memiliki resiko mengalami aus seiring berjalannya waktu dan membuat tongkat stabilizer lebih mudah patah. Kemudian bosch dari bahan teflon dan karet yang mengurangi resiko patahnya tongkat stabilizer, namun frekuensi penggantian bosch lebih banyak. Kemudian yang terakhir adalah bosch yang berlapis dengan besi kuningan atau bronze yang memiliki resiko tongkat stabilizer mudah patah, tetapi tingkat keausan bosch lebih lama dibandingkan besi baja dan frekuensi penggantian bosch lebih sedikit.

U Bolt
U Bolt memiliki bentuk seperti huruf U dan berfungsi untuk mengikat Axle dan Leaf Spring menjadi satu kesatuan sekaligus menyatukan bagian suspensi. U Bolt memiliki fungsi yang krusial karena menjadi tempat menyatunya kedua bagian tersebut. U Bolt bekerja dengan cara mengikat Axle dan Leaf Spring, lalu diikat dengan plat baja dan mur. U Bolt yang baik adalah yang memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan dan terbuat dari besi baja berkualitas baik. Pelanggan MM Karoseri Surabaya seringkali menyebut U Bolt dengan sebutan kawel.

UBolt MM Karoseri Surabaya
Courtesy of Google

 

 

 

 

 

Sekian artikel informasi MM Karoseri Surabaya kali ini. Mohon ikuti terus artikel informasi MM Karoseri Surabaya karena kami akan selalu berbagi informasi dan pengalaman selama puluhan tahun mendukung bisnis transportasi dengan sepenuh hati. Semoga apa yang kami bagikan dapat membawa manfaat bagi Anda. Sukses selalu dan sampai jumpa di lain kesempatan !

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *