Mengenal Istilah terkait Suspensi Semitrailer – bagian 1

Halo, Pelanggan MM Karoseri

Selamat datang kembali di informasi MM Karoseri dan terima kasih karena telah menunggu informasi – informasi terbaru yang kami sajikan. Hari ini, bagian penting lainnya dari sebuah kendaraan, khususnya Chassis Semitrailer akan dibahas, yaitu suspensi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, suspensi adalah sistem penggantungan roda mobil. pada suspensi terdapat sistem peredam kejut dan goncangan yang menggunakan berbagai macam cara. Pada Chassis Semitrailer secara khusus ada dua macam suspensi yaitu Air Suspension dan Mechanical Suspension. Pada artikel ini, MM Karoseri Surabaya akan membahas tentang jenis yang paling banyak digunakan yaitu Mechanical Suspension.

Mechanical Suspension bekerja dengan daun per yang disusun dan Axle dikaitkan dengan per tersebut. Per ini berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan agar muatan dan Chassis Semitrailer tidak terancam bahaya. Suspensi yang tidak bekerja dengan baik akan mengakibatkan muatan terjatuh atau bahkan Chassis Semitrailer terguling. Tentunya Anda sudah paham dengan banyaknya dampak buruk dari Chassis Semitrailer yang terguling, bukan ? Jadi, suspensi pada Chassis Semitrailer atau kendaraan apapun harus diperhatikan dan dilakukan kontrol serta perawatan rutin untuk menjaga kondisi dan keselamatan kendaraan tersebut.

Suspensi MM Karoseri Surabaya
Contoh Suspensi MM Karoseri Surabaya

Berikut ini adalah beberapa bagian dari suspensi Chassis Semitrailer, khususnya bagian yang menempel pada body Chassis Semitrailer :

  • Front Hanger
    Front Hanger terletak di bagian terdepan dari sistem suspensi. Bentuk dari Front Hanger ini menunjukkan fungsinya, yaitu menopang bagian depan Per dan sebagai tempat terpasangnya Stabilizer bagian depan.
  • Mid Hanger
    Mid Hanger adalah bagian yang berada di tengah sistem suspensi dan merupakan rumah bernaung bagi Equalizer atau Kupu – kupu. Bagian ini lebih besar dari hanger yang lain karena memiliki fungsi yang paling banyak dibandingkan dengan hanger yang lain. Mid Hanger juga merupakan satu – satunya hanger yang menopang per dari dua sisi, secara tidak langsung. Mid Hanger biasanya disebut juga dengan kata Tandum, yang sebenarnya merupakan kata untuk menyebut jenis suspensi dengan 2 axle.
  • Rear Hanger
    Rear Hanger adalah hanger yang berukuran paling kecil dan berada di bagian paling belakang. Fungsi dari Rear Hanger ini hanyalah untuk menopang per di bagian paling belakang. Seperti dua bagian hanger lainnya, MM Karoseri Surabaya hanya menggunakan bahan yang terbaik untuk sistem suspensi yang digunakan. Ketebalan dan kualitas baja serta konstruksinya menjadi perhatian khusus MM Karoseri Surabaya agar pelanggan dapat menggunakan Chassis Semitrailer dengan maksimal untuk proses bisnisnya.
  • Equalizer / Kupu – kupu
    Equalizer atau biasa disebut dengan kupu – kupu adalah pendukung fungsi peredam kejutan dari roda – roda Chassis Semitrailer. Fungsinya adalah seperti sistem jungkat – jungkit, untuk menyeimbangkan ketinggian roda depan dan belakang saat ada permukaan jalan yang ketinggiannya tidak rata. Equalizer yang baik seperti yang digunakan oleh MM Karoseri terbuat dari bahan yang baik dan bisa bertahan lebih lama.

Sampai di sini artikel informasi kali ini, nantikan kelanjutan dari pembahasan suspensi ini di mmkaroseri.com di waktu selanjutnya ya  ! Terima kasih banyak atas dukungan Anda, ingat karoseri truk, ingat MM Karoseri Surabaya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *